RSS

Selasa, 19 April 2011

Tips Menghemat Baterai Laptop

Laptop. Benda yang begitu dekat dengan kita, mulai dari anak yang masih kecil sampai orang tua, dari anak sekolahan sampai orang kantoran tak lepas dari si cantik bernama laptop ini. Kegunaannya pun beraneka ragam, tergantung dari yang menggunakannya. Sebagian sebagai sarana mempermudah pekerjaan, sarana untuk online, biar keren kalau punya laptop. He… he…

Kembali ke laptop.

Pernahkah terpikir di kepala kita soal ‘baterai laptop’. Kalau belum pernah, sekaranglah mulai kita pikirkan, bagaimana nasib laptop apabila baterainya bermasalah. Berapa lama sih baterai laptop bisa bertahan ?.

Normalnya baterai laptop itu bertahan paling tinggi sampai 2 jam. Tapi jangan kaget ketika baru membeli laptop, daya tahan baterai bisa lama. Tapi setelah 4 – 5 bulan kemampuan daya tahan baterainya mulai menyusut, coba cek.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga baterai laptop tetap awet.

1. Jangan menggunakan laptop sambil mengisi baterai (charge). Selama ini kita selalu menganggap itu hal yang wajar-wajar saja. Tapi perlu diperhatikan bahwa aliran listrik yang masuk terus menerus ke dalam baterai sambil digunakan, justru akan merusak kemampuan baterai itu dengan sendirinya. Cara yang paling tepat adalah matikan laptop ketika sedang dicharge.

2. Untuk pemakaian di atas 2 jam, sebaiknya baterai dicabut dan langsung menggunakan aliran listrik. Ini terbukti efektif agar baterai laptop tidak terlalu banyak digunakan.

3. Jika bepergian ke luar kota selama beberapa hari tanpa membawa laptop, sebaiknya baterai dicabut dan disimpan di tempat yang aman.

4. Salah satu komponen laptop yang cukup banyak menyita penggunaan kemampuan baterai adalah layar LCD. Di saat menghidupkan laptop, banyak tenaga baterai yang dipakai untuk layar laptop. Dan, solusinya adalah pengaturan tingkat kecerahan (bright) dan ketajaman (sharp) layar laptop. Aturlah agar tidak terlalu terang dan tajam sehingga dapat menghemat penggunaan baterai laptop.

5. Pemakaian fitur-fitur yang terlalu banyak juga dapat menghabiskan daya tahan baterai laptop. Beberapa merek laptop menyediakan fitur-fitur yang akan aktif dengan sendirinya ketika menghidupkan laptop misalnya Wi-Fi dan bluetooth. Sebaiknya pemakaian fitur-fitur yang ada, digunakan secara manual saja, misalnya sudah diatur semacam shortcut.

6. Salah satu kebiasaan sepele adalah lupa mencabut kepingan cakram padat dari CD-ROM/DVD-ROM, ketika selesai menonton film atau mengkopi sebuah data. Nah, saat kita menghidupkan laptop dengan kepingan cakram yang masih tertinggal di dalamnya, putaran yang dihasilkan dari dalam CD-ROM/DVD-ROM itu memakai daya baterai yang cukup besar.

Selamat mempergunakan tips di atas….. :-)

0 komentar:

Posting Komentar