RSS

Rabu, 15 Juni 2011

Sedekah, Sederhana Aja….

Sedekah merupakan salah satu dari 9 keajaiban Sunnah Rasulullah. Dan sedekah mendatangkan kebahagiaan dan menghilangkan kesusahan.

“Wahai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah kami berikan kepadamu” (QS. Al Baqarah (2) : 254)

Orang yang suka bersedekah mendapat jaminan surga dari Allah bahwa sedekah akan melindunginya di hari Perhitungan. Dalam riwayat Ibnu Hibban dan Hakim dari ‘Uqbah, ia mendengar Rasulullah SAW, bersabda, “Setiap orang bernaung di bawah perlindungan sedekahnya hingga ditetapkan hisab (perhitungan) di antara manusia di yaumil akhir.

Beberapa macam sedekah :

1.      Senyuman
Senyuman ikhlas yang diberikan untuk orang lain merupakan sedekah. Dengan senyuman, kita dapat merapatkan ukhuwah dan kasih sayang serta menggemberikan hati orang lain.

2.      Amar makrum dan nahi mungkar
Berpesan dengan kebaikan dan mencegah terjadinya kemungkaran merupakan satu sedekah. Keadaan ini bisa juga diartikan sebagai menyelamatkan teman kita dari azab neraka.

3.      Membantu menyelesaikan masalah orang lain
Dalam satu haditsnya, Rasulullah SAW, menyatakan bahwa menunjukkan jalan kepada orang yang sesat merupakan sedekah. Jika kita menyelesaikan kesusahan dan melepaskan saudara kita dari kesempitan, perbuatan kita itu dianggap sebagai sedekah.

4.      Membuang benda yang menjadi penghalang di jalan
Membuang benda-benda yang berbahaya dan menghalangi serta mengganggu perjalanan seperti duri, kaca, kayu dan sebagainya merupakan sedekah.

5.      Uang atau harta benda
Kita mengulurkan sedekah atau harta benda lain seperti pakaian, makanan, tempat tinggal, dan tanah tempat kediaman juga merupakan sedekah.

Sedekah ? Sederhana aja. Seperti sebuah senyuman, sederhana bukan ?. Sangat simpel malah tak memerlukan biaya hanya cukup mengerakkan mulut dan bibir membentuk segaris senyuman diiringi kesumringahan wajah dan mata terciptalah sebuah senyuman. Senyum yang tulus yah… Sudah bernilai sedekah.

“Allah telah memberikan anugrah kepadamu maka keluarkan anugrahNya harta akan sirna dan umur akan berakhir pula. Harta itu laksana air, jika kau simpan akan bau dan jika kau alirkan akan senantiasa segar”

Semakin banyak engkau berbagi, semakin banyak engkau menerima

0 komentar:

Posting Komentar