RSS

Sabtu, 07 Mei 2011

Ayam Bakar Penyet (Jawa Timur)

Beberapa bulan yang lalu, salah satu sahabat dekat saya berulang tahun. Dan, sebagai tanda syukur atas usia dan pekerjaannya sekarang ini, kami beberapa orang sahabat terdekatnya beliau ditraktir makan siang.

Ternyata jauh hari beliau telah mempersiapkan acara ini, kami ditraktir makan siang bersama Ayam Bakar Penyet Khas Jawa Timur. Yah, untuk rasa acungan jempol bolehlah… Enak tenan, begitu kata iklan.

Trus, saya pun terobsesi untuk mendapatkan resep Ayam Bakar Penyet Khas Jawa Timur. Mungkin kalau minta sama yang punya usaha takut ga dikasih. Kenapa ?. Karena menyangkut rahasia perusahaan, bisa tersaingi dong. Ntar kalau saya buka usaha yang sama.

Tak ada rotan akar pun jadi. Tak dapat dari yang punya usaha, cari di perpustakaan pun jadilah… Dan inilah resep hasil pencarian melalui perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Ayam Bakar Penyet Khas Jawa Timur

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong 4
850 ml santan
1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
3 sdm minyak untuk menumis
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas

Haluskan :
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
3 cm kunyit
4 butir kemiri
2 sdt garam

Sambal :
12 buah cabe keriting
4 butir bawang merah
1 buah tomat
1 sdm minyak goreng
1 sdm gula jawa
½ sdt garam
2 buah jeruk limau, ambil airnya

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum. Masukkan ayam, lalu tambahkan santan dan asam. Masak sampai santan mengering dan bumbu meresap. Angkat dan sisihkan

2. Sambal : goreng cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat sampai layu. Angkat. Haluskan bersama gula merah dan garam. Beri air jeruk limau. Aduk rata.

3. Bakar ayam dengan bara api sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu. Angkat lalu letakkan ayam di atas sambal. Tekan ayam dengan cobek sampai penyet.

Selamat mencoba…..
*Aneka Ayam Bakar Populer Khas Indonesia*
*Demedia*

0 komentar:

Posting Komentar