RSS

Kamis, 19 Mei 2011

SEDEKAH

“Dan bersedekahlah kepada kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah” (QS. Yusuf [12] : 88)

Sedekah adalah pemberian sebuah barang atau apa pun dari seseorang kepada orang lain dengan benar-benar mengharap keridhaan Allah SWT yang dilakukan secara spontan dan sukarela.
Sedekah adalah penolak bala, penyubur pahala dan pelipat ganda rezeki; sebutir benih menumbuhkan tujuh bulir yang pada tiap-tiap bulir itu terjurai seratus biji. Sedekah juga merupakan salah satu ekspresi keimanan seorang muslim yang meliputi keimanan, ibadah dan ihsan (berbuat baik). 
 
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya pada malam dan siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabb-nya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. Al Baqarah [2] : 274)

Hal utama dalam sedekah adalah menyedekahkan harta yang paling dekat dan paling disukai oleh hati. Sedekah bukan dilihat dari caranya, bentuknya dan banyaknya melainkan berdasarkan kerelaan hati dan kecintaan terhadap kebaikan. Bisa jadi, seseorang mendapatkan pahala sedekah hanya dengan niatnya yang tulus setara dengan orang yang bersedekah dengan jumlah yang banyak. Karena sedekah mengundang kekuatan Allah, sedekah mengundang ridha, cinta dan pertolongan Allah.  

“Ketika sedekah keluar dari tangan pemiliknya, maka ia lebih dahulu jatuh di tangan Allah sebelum sampai pada tangan penerimanya, kemudian sedekah itu berkata kepada Allah denga lima perkataan, yaitu :
  1.  Saya kecil maka besarkanlah saya
  2. Saya sedikit maka perbanyaklah saya
  3. Saya benci maka cintakanlah saya
  4.  Saya adalah yang binasa maka kekalkanlah
  5. Saya adalah sang penjaga maka sekarang saya telah menjadi sang penjaga bagimu (orang yang bersedekah)” (HR Ali bin Abi Thalib)
Sedekah tidaklah terbatas dengan harta dan dinilai dengan harta saja. Sedekah mencakup seluruh amal saleh, perkataan yang baik, wajah yang berseri-seri, membantu seseorang melakukan kebaikan dan meringankan beban orang tersebut.

Rasulullah SAW bersabda, “Jagalah dirimu dari pada api neraka meskipun hanya dengan sedekah separuh biji kurma. Jika tidak dapat (bersedekah benda) bersedekahlah dengan kalimat tayyibah (perkataan yang baik)” (HR Bukhari dan Muslim)

Prinsip Sedekah :
  1. Bersedekahlah saat merasa ingin bersedekah, jangan sampai merasa terpaksa
  2.  Bersedekahlah kapada sesuatu yang disukai
  3. Bersedekahlah dengan sesuatu yang bernilai bagi anda
  4. Bersedekahlah dalam kuantitas yang terasa oleh perasaan
  5. Menyumbang tanpa nama akan memberikan dampak lebih kuat
  6. Bersedekah tanpa pernah mengharap balasan dari orang yang diberi
  7. Bersedekahlah tanpa mengira bentuk balasan Tuhan atas sedekah itu
Manfaat sedekah menurut Imam Samarqandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin : ‘Biasakan diri anda untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Karena dalam sedekah itu ada SEPULUH manfaat, LIMA akan diberikan di DUNIA dan LIMA lagi akan diberikan di AKHIRAT kelak’

Lima manfaat yang akan diberikan di dunia :
  1. Menyucikan harta
  2.  Menyucikan badan dari perbuatan dosa
  3.  Menolak beragam bencana dan penyakit
  4. Memberikan kehagiaan kepada orang miskin dan tidak ada perbuatan paling mulia selain memberikan kebahagiaan kepada sesama muslim
  5. Harta kekayaan akan lebih berkah dan rezeki akan lebih melimpah                                                                                                                    
Lima manfaat yang akan diberikan di akhirat kelak :
  1. Sedekah akan menjadi pelindung dari teriknya sengatan matahari kelak di akhirat
  2. Memperberat timbangan kebaikan
  3. Membantu melewati shirat (jembatan akhirat)
  4.  Menambah ketinggian derajat di surga kelak
  5. Memperoleh ridha Allah
Sekilas tentang sedekah, semoga bisa menjadi acuan bagi kita semua untuk memperbaiki kualitas diri kita ke depan sekaligus memperluas ladang amal kita. Amin.


0 komentar:

Posting Komentar