RSS

Rabu, 11 Mei 2011

Nani Arsik (Sumatera Utara)


Seminggu yang lalu, saya sudah belajar membuat “Ayam Bakar Penyet Khas Jawa Timur”. Untuk rasa saya acungi jempol sendiri. Walaupun dalam proses pembuatannya saya masih ‘open book’. Yah, namanya perdana buat “Ayam Bakar Penyet Khas Jawa Timur”, suatu hal yang wajar toh. Trus, saya juga nggak lupa menerapkan ‘5 Poin Sukses Membuat Ayam Bakar’ dan ‘Takaran Bumbu’ yang tidak melenceng agar hasil akhirnya sempurna dalam cita rasa.

Sekarang saya mau pulang kampung dulu. Saya mau belajar dan demo masak cara mengolah ikan. Di kampung saya, Sumatera Utara nun jauh disana. Terkenal satu masakan berbahan dasar ikan yang diolah sedemikian rupa plus rempah yang tidak dimiliki oleh daerah lain di indonesia, ‘ANDALIMAN’ namanya. Rempah ini hanya terdapat di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumatera Utara. Bentuknya mirip merica (bulat kecil) dan setelah dikeringkan berwarna hitam.

‘Nani Arsik’ ini biasanya menggunakan ikan mas atau ikan nila, tapi saya lebih suka bahan dasarnya ikan mas. Siapkan alat perang (kompor, kuali de el el). Ayo… kita mulai demo.

Nani Arsik 
Bahan :
      500   gr              ikan mas
          1   buah          jeruk nipis diambil airnya
          1   sdt             garam
          1   batang      kecombrang, diiris diiris serong tipis
          4   lembar       daun mangkokan, diiris kasar
          5   buah          lokio (bawang batak), dibelah dua
          1   ikat           kemangi, diambil daunnya
          8   batang      serai, memarkan
          3   buah          asam gelugur
      300   ml             air

Bumbu yang dihaluskan :
          6   siung        siung bawang merah
          4   siung        bawang putih
        10   buah          cabe merah keriting
          3   butir          kemiri, disangrai
          4   cm             jahe
          6   cm             kunyit
          4   cm             lengkuas
          1   sdt             andaliman
          2   sdt             garam
           
Cara Membuat :
1.   Buang sisik, insang dan isi perut ikan, lalu cuci bersih, tiriskan. Lumuri ikan dengan campuran air jeruk nipis dan garam, biarkan selama 20 menit.
2.      Campur sepertiga bagian bumbu dengan sebagian kecombrang, daun mangkokan dan lokio. Masukkan ke dalam perut ikan, sisihkan.
3.  Alasi dasar wajan dengan serai dan kecombrang. Letakkan ikan di atasnya, lalu tambahkan bumbu yang dihaluskan dan bumbu lainnya.
4.     Tambahkan air, lalu masak dengan api kecil hingga matang dan air habis.
5.     Angkat dan sajikan

Selamat mencoba….. Jadi kangen Arsik buatan Ibu saya.
*Olahan Ikan Nusantara*
*Demedia*

0 komentar:

Posting Komentar